Portal informasi dunia internet

6 Benda yang Lebih Kotor dari Toilet


6 Benda yang Lebih Kotor dari Toilet

Banyak orang merasa jijik ketika melihat toilet dalam keadaan kotor dan berlumut. Toilet memang salah satu lokasi kuman bersarang, dan menyimpan sejuta bakteri. Namun, tak hanya toilet, ada benda-benda di rumah Anda yang juga bisa lebih kotor dari toilet. Simak beberapa barang yang juga menyimpan kuman lebih banyak dari toilet, seperti dikutip dari laman The Sun:

Tas
Tas kesayangan Anda bisa menjadi tempat bersarangnya kuman penyakit. Jangan pernah meletakkan tas sembarangan, apalagi menyimpannya di bawah meja, di dekat dapur atau di area dekat makanan disiapkan.

Segala kegiatan yang Anda lakukan di luar rumah secara teratur juga bisa membuat tas Anda terpapar segala jenis bakteri jahat. Para ahli memperingatkan agar membersihkan tas secara berkala, dan tidak menyimpan sampah terlalu lama dalam tas.

Mobil
Lebih dari 20 persen kasus penyakit infeksi paru-paru disebabkan oleh genangan air dalam botol pencuci kaca depan. Dari 250 mobil yang diperiksa di Inggris ditemukan, beberapa mobil yang memiliki 330.000 kali lebih banyak bakteri dibandingkan toilet.

Hanya sepertiga dari pemilik mobil yang membersihkan mobil dengan vakum lebih dari dua kali setahun. Dan, studi ini juga menemukan, hanya dua persen dari pengemudi mobil merapikan dan membersihkan seluruh perangkat mobilnya setiap minggu.

Sikat gigi
Menurut Dr Stephen Dunne, konsultan di St Thomas's Dental Institute menyatakan bahwa virus termasuk flu dan herpes bisa hidup pada sikat gigi sampai seminggu dan kembali menginfeksi pengguna, bahkan bisa menyebar pada sikat gigi lain yang berada di sekitarnya.

Sementara British Dental Association memperingatkan, 50 persen masyarakat di Inggris tidak pernah mengganti sikat giginya secara rutin. Hal ini dapat berisiko menyebabkan infeksi silang yang bisa menyebabkan luka dan berkembang menjadi hepatitis B. Untuk itu, ganti sikat gigi Anda setiap satu bulan, agar terhindar dari penyakit.

Peralatan make-up
Kuman bisa berlabuh pada peralatan make-up Anda setelah 72 jam, kata Dr Susan Blakeney dari College Of Optometrists. Maka itu, hati-hati saat menggaruk mata yang sudah dirias, karena dapat menyebabkan infeksi mata.

Dr Blakeney menambahkan, membiarkan make-up di sebelah wastafel juga menjadi kebiasaan buruk banyak orang. Hal ini dapat menyebabkan infeksi yang terbentuk dalam kondisi lembab.

Dan perlu Anda tahu, maskara hanya bisa bertahan selama enam bulan, pembersih dan pelembab wajah hanya boleh digunakan sampai delapan bulan, bedak dan lipstik atau lip gloss selama satu tahun. Sedangkan eyeshadow lip liner hanya bertahan hingga 18 bulan.

Pengering tangan
Udara hangat yang keluar dari pengering tangan bisa terkontaminasi oleh bakteri. Hal ini dapat meningkatkan kuman menempel di tangan 255 persen, menurut Keith Redway, mikrobiologi di Westminster University.

Redway mengatakan, "Bakteri yang tertiup bisa menempel di tangan pengguna dan ke atmosfir karena udara tidak cukup panas untuk membunuh mereka."

Ponsel
Ponsel ternyata lebih kotor dari kloset duduk, sol sepatu bahkan gagang pintu rumah Anda. Joanna Verran, profesor mikrobiologi di Universitas Manchester Metro-politan, mengatakan, "Panas yang dihasilkan ponsel menciptakan tempat kuman berkembang biak, yang akhirnya bisa menempel di kulit wajah Anda. Kuman ini termasuk golongan staphylococcus aureus, yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat sampai bisul, dan pneumonia meningitis."

Tag : General
2 Komentar untuk "6 Benda yang Lebih Kotor dari Toilet"

gak nyangka hal hal yang saya kira bersih malah begitu kotor :v

Saya baru tau kalau hal hal yang dikira bersih oleh banyak orang ternyata kotor :D makasih infonya

Catatan:
Form komentar dilengkapi dengan script anti spam, komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan.

Back To Top