Portal informasi dunia internet

7 Tips Mudah Tingkatkan Daya Tahan Tubuh


7 Tips Mudah Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
Tahukah anda bahwa ternyata sistem daya tahan tubuh kita lebih kuat daripada yang kita bayangkan? Peneliti dari Universitas Pennsylvania belakangan inimengambil sampe sel imun dari 3 pasien penderita Leukimia, lalu secara genetik mengubah mereka menjadi 'sel pembunuh' yang dirancang

Penelitian yang di lakukan ini berskala kecil dan masih berbasis percobaan, namun hasilnya dapat di jadikan satu basis pegangan untuk penelitian selanjutnya. Sistem sel imun di modifikasi untuk dapat membelah diri setidaknya 1.000 kali dalam tubuh, menyingkirkan sel kanker dan merangsang cel baru yang dapat mencegah sel kanker muncul kembali.

Namun dapatkan cara pengobatan ini berhasil dengan jenis kanker lainnya? Mungkin saja namun masih diperlukan penelitian lebih mendalam. Walaupun begitu penelitian ini memberikan kita suatu penerangan bahwa sistem imun dalam tubuh kita mampu bertarung melawan penyakit yang sangat berat untuk dapat menjaga kesehatan tubuh.

Hingga para peneliti menemukan cara bagaimana mengobati penyakit berat dengan bantuan sel tubuh sendiri, kita dapat melakukan cara-cara sederhana untuk dapat meingkatkan daya tahan tubuh, terutama pada musim pancaroba.

Berikut 7 cara bagaimana meningkatkan daya tahan tubuh secara sederhana:

1. Konsumsi protein dalam menu makan anda.
Tidak ada satupun makanan yang dapat membuat anda sembuh seketika dari flu, namun beberapa nutrisi dapat membangtu anda melindungi tubuh dari jutaan bakteri, virus dan kuman-kuman lainnya, protein adalah salah satunya. Salah satu alasannya adalah karna antibodi yang membantu melawan penyakit di buat dari protein. Alasan lainnya: banyak makanan kaya kalsium juga mengandung nutrisi peningkat daya tahan tubuh. Potongan daging sapai banyak mengandung protein, juga kacang-kacangan. kacang kedelai, makanan laut (terutama kerang dan kepiting), megandung zat seng (mineral yang membantu memproduksi sel darah putih untuk melawan timbulnya infeksi, juga membuat tubuh tidak rentan terhadap infeksi. Kacang seperti almond dan kacang mede adalah sumber protein yang baik sama halnya dengan magnesium, dimana keduanya dapat membantu meningkatkan sistem imun.

2. Konsumsi 5 gelas buah dan sayuran setiap hari
Hampir semua jenisnya baik, namun jika anda harus memilih maka pilihlah yang memiliki kandungan yang kaya akan vitamin A, C dan E. Alasannya adalah Vitamin A yang bisa di dapatkan dari Ubi jalar, wortel dan sayuran hijau membantu sel darah putih untuk mencegah timbulnya infeksi secara efektif, juga dapat mengatur sistem imun. buah-buahan jeruk seperti lemon, jeruk, jeruk bali juga pepaya, brokoli, mengandung vitamin C yang bermanfaat dalam penyerapan zat besi yang terkandung dalam makanan dan membantun sistem imun untuk melindungi diri dari penyakit.

Vitamin E, yang dapat di temukan dalam kacang-kacangan. biji-bijian dan lobak dalam beberapa penelitian telah membuktikan kemampuannya untuk melawan penyakit flu dan infeksi saluran pernapasan lainnya. Jika anda mengkonsumsi berbagai jenis tumbuhan hijau (seperti berwarna orange, kuning dan merah) sebagai bagian dari diet, maka anda memiliki makanan yang pas untuk melawan penyakit. Konsumsi multivitamin dan suplemen mineral dapat membantu anda dalam beberapa kasus. Namun konsultasikan juga dengan dokter anda karena terkadang dosis suplemen yang berlebihan dapat menyebabkan ketidak seimbangan dan dapat menekan reaksi imun tubuh kita.

3. Berjalanlah 10 menit setiap harinya
Berolahraga selama 2-30 menit setiap harinya dapat menolak segala serangan terhadap sistem imun, Olahraga menghasilkan antibodi dan sel darah putih bergerak lebih cepat sehingga dapat menyembuhkan luka lebih cepat. Juga, peningkatan sirkulasi dalam darah dapat memicu pelepasan hormon yang dapat memberikan peringatan kepada sel imun terhadap pa****n. Jaga agar olahraga anda teratur.

4. Periksa tingkat Vitamin D anda
Sekitar 50 nmol/L adalah jumlah yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh. Kurang dari 30 nmol/L adalah tingkat yang terlalu rendah bagi kebanyakan orang. Penelitian terbaru menyarankan bahwa Vitamin D dapat memicu peningkatan sel imun, apabila tingkatnya terlalu rendah kemungkinan disebabkan adanya perubahan udara menjadi lebih dingin dan flu. Banyak orang memiliki tingkat vitamin D yang kurang, yang sebenarnya dapat kita ambil dari Sinar mata hari dan beberapa jenis makanan.

5. Turunkan Tingkat stres anda
Melakukan yoga, bermain dengan hewan peliharaan, mendengarkan musik, apapun hal tersebut temukan lah cara untuk bersantai karena hasil penelitian meunjukkan tingkat munculnya stres berpengaruh terhadap sistem kerja imun tubuh anda. Penelitian awal yang di publikasikan dalam Jurnal Biological Psychiatry membagi 2 kelompok keluarga. Satu adalah keluarga pengasih yang menderita penyakit kanker sedangkan satunya lagi adalah orang yang tidak memiliki stres. Peneliti menemukan sel darah yang tidak normal pada sel darah putih keluarga pengasih, membuat mereka kurang dapat menghentikan peradangan dan lebih mudah terserang penyakit.

6. Pergunakan minyak zaitun dan canola saat memasak.
Kedua jenis minyak tersebut mengandung lemak sehat yang berperan sebagai 'pelicin' pada sel. Minyak ini dapat meningkatkan fleksibilitas dan komunikasi diantara sel yang berperan terhadap fungsi imun. Tapi hati-hati jangan terlalu banyak konsumsi lemak omega-6 dalam jangka waktu tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa dengan konsumsi lemak omega-6 lebih dari pada seharusnya memiliki resiko 3 kali lebih besar menderita peradangan dan masalah daya tahan tubuh.

7. Kurangin minuman Alkohol
Penelitian terbaru dari Brown University meunjukan bahwa kandungan alkohol dalam minuman berperan sebagai racun pada daya tahan tubuh, yang juga memegang peranan penting untuk mencari dan menghancurkan mikrobakteri yang masuk. Hal ini dapat menjadi suatu masalah yang serius dan lebih mengancam nyawa, infeksi, dan juga rentan diserang demam dan virus flu untuk menyerang satu sel tumor dan lainnya.

Tag : Kesehatan
2 Komentar untuk "7 Tips Mudah Tingkatkan Daya Tahan Tubuh"

keren nih informasinya... :-)
makasih.///

artikel yang sangat membantu gan mungkin saya sedikit menambahi gan tentang menjaga daya tahan tubuh, silahkan baca juga Menjaga Daya Tahan Tubuh sebagai tambahan dari saya gan

Catatan:
Form komentar dilengkapi dengan script anti spam, komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan.

Back To Top