Portal informasi dunia internet

Bahaya Bulu Kucing bagi Kesehatan Wanita


Bahaya Bulu Kucing bagi Kesehatan Wanita - Apakah anda adalah salah satu pecinta kucing atau suka memelihara kucing? Mungkin anda mulai sekarang ini harus berhati-hati karena ternyata bulu kucing tanpa kita sadari mengandung bahaya. Seperti apakah bahaya bulu kucing tersebut? Disini akan dijelaskan sedikit mengenai bahaya bulu kucing tersebut.
Bahaya Bulu Kucing bagi Kesehatan
Toksoplasma Gondii, adalah salah satu parasit yang terdapat pada kotoron anjing dan kucing. Parasit ini dapat menyebabkan penyakit toksoplasma. Jika ibu hamil terpapar dan menderita penyakit ini, akibatnya bisa fatal, keguguran atau bayi lahir cacat.

Parasit toksoplasma juga ditemukan pada hewan-hewan seperti anjing, tikus atau babi. Akan tetapi, di antara semua hewan tersebut, parasit toksoplasma hanya berkembang biak di tubuh kucing dan bisa ikut keluar bersama kotorannya, dalam bentuk telur.

Akibat kontak langsung dengan kucing, mengelus dan lupa mencuci tangan setelahnya atau mencium bulu-bulu kucing di mana pada bulunya telah menempel telur parasit tadi juga salah satu penyebab penularan Toksoplasma Gondii.

Bagi wanita yang memelihara kucing dan sedang merencanakan kehamilan atau sudah hamil, sebaiknya tidak memelihara kucing atau menjauhinya untuk sementara waktu. Pasalnya, bila bumil tertular toksoplasma, bisa berakibat buruk pada janin. Jika terkena pada awal trimester I dapat terjadi keguguran atau kematian janin, dan jika kehamilan berlanjut maka bisa menimbulkan kecacatan pada bayi dari tingkat sedang hingga berat.

Bagi ibu hamil sendiri, gejala toksoplasma kadang tidak berdampak kecuali saat itu daya tahan tubuh sangat menurun karena parasit ini bersifat imunokompromais, sehingga bisa timbul rasa lelah, flu, nyeri kepala, atau demam.

Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Bahaya Bulu Kucing bagi Kesehatan Wanita"

Catatan:
Form komentar dilengkapi dengan script anti spam, komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan.

Back To Top