Portal informasi dunia internet

Keluhan yang Dialami Ibu Hamil dan Solusinya


Keluhan Ibu Hamil dan SolusinyaHamil merupakan suatu yang diidamkan oleh seorang istri, terutama bagi mereka yang telah lama menikah namun pernah memiliki masalah susah hamil. Sehingga membutuhkan perjuangan berat untuk bisa hamil. Kehamilan adalah anugrah terindah bagi istri dan suami, dan tentunya membawa kebahagiaan tersendiri bagi sebuah keluarga. Tak heran jika saat istri positif hamil, suami memperlakukan istrinya secara istimewa dan rela melakukan apa saja untuk istri dan janin yang dikandungnya.

Di sisi lain, kehamilan membuat seorang wanita dituntut agar lebih kuat dan tegar, karena hamil merupakan hal yang berat yang dijalani wanita. Dan juga kehamilan membawa dampak tersendiri bagi tubuh wanita, sehingga tak jarang jika ibu hamil sering mengeluh ketika hamil. Seperti yang akan dijelaskan berikut ini tentang beberapa Keluhan yang Dialami Ibu Hamil dan Solusinya.

Pusing
Ini merupakan keluhan awal dan paling umum terjadi. Perubahan hormon penyebabnya. Produksi hormon Progesteron saat hamil memicu dinding pembuluh darah melebar. Sehingga menurunkan tekanan darah dan berakibat timbulnya pusing. Keluhan ini akan hilang dengan sendirinya.
Dan JANGAN minum obat apapun karena tidak menyelesaikan masalah. Tetapi jika terus merasa pusing, istirahat saja yang cukup.

Mual-mual mau muntah 
Dikenal dengan nama Morning Sickness. Biasanya muncul pada kehamilan usia 6 – 14 minggu. Rasa mau muntah disebabkan oleh berkembangnya plasenta dan menghasilkan sejenis hormon HCG. Makin berkembang plasenta, makin tinggi kadar hormon, makin cepat pula rangsangan muntahnya.

Untuk mengatasi :
  • Konsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi dalam jumlah sedikit namun sering. Perbanyak ngemil makanan kering. Hindari makanan dengan bumbu yang merangsang
  • Perbanyak minum. Tapi jauhi susu.Minum the juga dapat merelaksasi otot lambung.
  • Pada kasus yang parah hubungi dokter. Biasanya dokter akan memberi obat penekan hormon.
Gejala Morning sickness ini biasanya akan hilang sendirinya pada usia kehamilan 4 bulan.

Sariawan
Perubahan hormonal juga akan memicu keluhan ini. Bisa disebabkan juga karena kekurangan gizi tertentu (zat besi, asam folat, vitamin B-12, dan B-6). Tidak ada obat tertentu untuk mengatasi keluhan ini.Cukup konsumsi makanan yang cukup mengandung vitamin dan mineral. Gunakan pula obat kumur secara teratur.

Kaku pada tangan dan kaki 
Keluhan ini umumnya muncul pada malam hari. Penyebanya karena bagian tubuh ini menyimpan cairan sehingga syaraf tertekan, otot melemah hingga tidak merasakan apa-apa. Pemicunya karena kelelahan, tekanan rahim pada otot atau kurang Kalium, Tidak perlu minum obat apapun untuk mengatasinya. Cukup gerak-gerakkan pergelangan tangan atau kaki dan mengurut-urut bagian yang kaku.

Nyeri pada ulu hati
Disebabkan adanya isi lambung yang lewat pada pangkal saluran kerongkongan. Untuk mengatasi, minum susu sedikit sedikit setiap kali merasa nyeri. Jangan membungkuk atau berbaring datar, tapi gunakan bantal. Tidak perlu minum obat atau ke dokter jika keluhan terjadi.

Sakit punggung 
Saat kehamilan, sambungan antara tulang pinggul mulai melunak dan lepas. Guna persiapan untuk mempermudah kelahiran bayi. Rahim akan bertambah berat sehingga pusat gravitasi akan berubah. Inilah yang menyebabkan rasa sakit pada punggung dan pegal-pegal. Tak perlu minum obat untuk mengatasi. Cukup dengan memperbaiki cara berdiri, cara duduk dan bergerak, jangan terlalu lama.

Sembelit 
Hormon progesteron juga akan menyebabkan relaksasi usus. Sehingga daya dorong usus terhadap sisa makana akan melemah dan menumpuk. Maka, sembelit jadinya. Kebiasaan menahan buang air besar juga bisa menjadi penyebabnya. Cara mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi, sayuran dan buahan contohnya. Kemudian rutinlah buang air besar serta perbanyak konsumsi air putih. Tak perlu obat atau dokter.

Buang air kecil 
Keluhan ini paling sering dialami. Penyebabnya karena janin menekan kandung kemih. Tapi kadang pula karena kebanyakan minum. Letak kandung kemih yang bersebelahan dengan saluran rahim juga menjadi penyebabnya. Karena pada saat hamil, kapasitasnya berkurang, sehingga ingin terus buang air kecil. Hanya yang perlu diwaspadai adalah kadang terjadi infeksi saluran atau kandung kencing pada wanita hamil. Jika saat buang air disertai rasa perih dan berwarna keruh atau kemerahan berarti ada infeksi. Untuk mengatasinya, jangan suka menunda keinginan buang air kecil.

Info Bagus: 
Bagi anda yang sedang hamil, direkomendasikan bagi anda untuk membaca buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil yang di tulis langsung oleh dr. Riyani Limoa, SpOG. Buku ini berisi tentang:
  • Tips bagaimana mengurangi rasa sakit saat persalinan. Baik itu persiapan fisik yang dilakukan jauh-jauh hari sebelum persalinan, maupun tips bagaimana mengurangi rasa sakit di saat persalinan sedang berlangsung.
  • Makanan dan minuman apa saja yang tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan. Ini penting sekali. Jangan sampai si bayi mengalami gangguan hanya karena kurang paham tentang menu makanan sehat selama kehamilan.
  • Bagaimana mengatasai gejala khas yang dirasakan ibu hamil seperti: mual, muntah, mengatasi sakit pinggang, sembelit, sesak nafas, kaki bengkak dan keluhan kehamilan lainnya susah buang air, sesak nafas, kaki yang bengkak, sakit di sekitar pinggang, dan keluhan-keluhan lainnya.
  • Apa saja perubahan fisik dan emosional yang terjadi saat hamil. Dan bagaimana mengatasi emosi yang seringkali tidak stabil.
  • Kebiasaan dan pola hidup apa saja yang harus dihindari ketika sedang hamil.
  • Kegiatan fisik apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil. Termasuk olahraga apa saja yang disarankan.
  • Bagaimana perkembangan janin dalam perut Anda setiap bulannya. Dalam buku ini dijelaskan secara rinci apa saja yang terjadi di dalam perut Anda setiap bulannya. Dilengkapi dengan gambar.
  • Penjelasan tentang operasi Caesar. Anda harus memiliki wawasan yang cukup tentang tindakan medis yang satu ini. Dalam buku ini saya menjelaskan apa saja situasi-situasi yang membutuhkan tindakan operasi Caesar ini.
  • Penjelasan yang rinci mengenai kala 1, kala 2 dan kala 3.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.
Untuk pemesanan dan info lengkap, silakan kunjungi http://masahamil.com/ dan dapatkan juga bonus menarik di dalamnya dari setiap pemesanan.

Tag : Kesehatan, Woman
0 Komentar untuk "Keluhan yang Dialami Ibu Hamil dan Solusinya"

Catatan:
Form komentar dilengkapi dengan script anti spam, komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan.

Back To Top