Portal informasi dunia internet

Efek Bekerja Shift Malam Bagi Kesehatan


Efek Bekerja Shift Malam Bagi Kesehatan
Beberapa orang mencari penghasilan tambahan dengan cara bekerja pada malam hari. Mereka mengambil jatah shift malam dari perusahaan yang mereka masuki untuk bekerja. Dan sebagian orang terpaksa bekerja shift malam untuk sebuah perusahaan. Memberlakukan sistem shift malam memang mampu meningkatkan produktifitas sebuah perusahaan. Namun beberapa studi mengatakan bahwa sistem ini tidak baik untuk para pegawai ataupun karyawan yang mendapatkan jatah kerja malam tersebut.

Shift malam sendiri biasanya kita dapati pada jenis pekerjaan seperti perawat, sekuriti, polisi, kru penerbangan, staf perhotelan, dan lainnya. Lantas  Efek apa yang mereka dapatkan saat Bekerja Shift Malam bagi Kesehatan mereka? Berikut ini yang telah dirangkum oleh detikhealth:

1. Insomnia
Karyawan yang terbiasa bekerja dan terjaga pada malam hari dapat mengalami kesulitan tidur karena terbiasa menahan kantuk atau tak tidur pada malam hari. Akibatnya insomnia, alias sulit memulai tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan.

2. Kanker
Peneliti dari Kanada mengungkap wanita yang bekerja shift malam dalam kurun lebih dari 30 tahun berisiko dua kali lebih besar untuk terserang kanker payudara, dibandingkan wanita dengan pekerjaan yang sama namun 'jam terbangnya' selama itu.

3. Diabetes
Tim peneliti dari Brigham & Women's Hospital dan Harvard Medical School menemukan pekerja yang sehat dan tidak obes lalu diminta bekerja shift malam selama riset sekalipun mengalami kenaikan kadar gula darah hingga 16 persen. Akibatnya, kadar insulin mereka juga melonjak jadi 40-50 persen lebih tinggi hanya 80-90 menit setelah makan, sehingga mereka rentan terkena sakit gula.

Namun dari studi terbaru yang dilakukan Huazhong University of Science and Technology, Tiongkok, pria yang bekerja shift malam lebih berisiko terserang sakit gula, dengan persentase mencapai 35 persen. Bahkan untuk yang sering gonta-ganti shift, risiko diabetesnya bisa meningkat jadi 42 persen.

Alasannya pria lebih sering makan di tengah malam sehingga tubuhnya lebih rentan menyimpan energi dalam bentuk lemak. Padahal kondisi ini menambah risiko obesitas dan diabetes tipe 2.

4. Susah hamil
Berdasarkan survei yang dilakukan tim peneliti dari Southampton University terhadap lebih dari 100.000 responden wanita terungkap bahwa pola kerja selain shift harian permanen dapat meningkatkan peluang gangguan siklus menstruasi hingga 33 persen dan keguguran sebesar 29 persen.

Dan bagi wanita yang hanya bekerja di malam hari, mereka berpeluang 80 persen lebih sulit untuk bisa mengandung dibandingkan wanita yang jam kerjanya siang hari. Mereka juga dua kali lebih mungkin dikategorikan ke dalam kelompok 'sub-fertile', atau gagal hamil dalam kurun waktu satu tahun.

Menurut Dr Linden Stocker, seorang dokter anak yang juga sering mendapat shift malam, masalahnya waktu tidur dan bekerja yang tak tentu tampaknya mengganggu jam biologis wanita, padahal hal itu juga membantu mengendalikan fungsi-fungsi kunci wanita seperti produksi hormon, mengatur suhu tubuh, tekanan darah dan detak jantung.

5. Sakit jantung
Pekerjaan yang melibatkan shift malam mengakibatkan risiko serangan jantung pegawainya sebesar 23 persen, gangguan jantung koroner 24 persen dan stroke 5 persen.

"Pekerja shift malam lebih rawan memiliki pola tidur dan pola makan yang buruk. Mereka harus terjaga sepanjang waktu dan tidak memiliki periode istirahat yang jelas. Mereka berada dalam kondisi aktivasi sistem saraf perpetual yang buruk dan sensitif bagi hal-hal seperti obesitas dan kolesterol," ujar Dan Hackam, salah satu peneliti dari Western University, London Ontario, Kanada

Orang-orang yang memiliki gejala insomnia juga mengalami peningkatan risiko gagal jantung hingga 3 kali lipat. Apalagi bila insomnianya disertai dengan depresi dan gangguan kecemasan, maka risikonya akan melonjak hingga 4 kali lipat.

Tag : Kesehatan
1 Komentar untuk "Efek Bekerja Shift Malam Bagi Kesehatan"

Catatan:
Form komentar dilengkapi dengan script anti spam, komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan.

Back To Top