Portal informasi dunia internet

Restoran di China Melayani Pelanggan dengan Robot


Restoran di China Melayani Pelanggan dengan Robot

China menjadi salah satu negara maju yang sudah diakui dunia. Walaupun dibidang teknologi China masih kalah dengan Jepang, namun mereka sudah bisa membuat mata dunia terkagum-kagum melihat kelihaiannya. Pasalnya sebuah restoran di China sudah mbisa menggunakan robot untuk melayani pelanggan dengan menggunakan lebih dari selusin robot untuk memasak dan memberikan makanan.

Robot menyapa pelanggan, memberikan piring di meja dan bahkan memasak tumis daging serta sayuran di sebuah restoran di Kunshan, yang dibuka pekan lalu.

"Putri saya meminta saya untuk menciptakan robot karena dia tidak suka melakukan pekerjaan rumah tangga," kata pemilik restoran Song Yugang kepada AFP.


Dua robot ditempatkan di pintu yang dengan riangnya menyapa pelanggan, sementara empat mesin berukuran pendek tapi humanoid membawa nampan makanan ke meja.

Di dapur, dua robot biru besar dengan mata merah menyala mengkhususkan diri di penggorengan, robot yang lain terlihat membuat kue.

Song mengatakan kepada surat kabar lokal Modern Times, masing-masing robot dibuat dengan ongkos sekitar 40.000 yuan atau sekitar 6.500 dollar AS, kira-kira sama dengan gaji karyawan manusia setahun.

"Robot bisa mengerti 40 kalimat sehari-hari. Mereka tidak bisa sakit atau meminta untuk liburan. Setelah pengisian baterai selama dua jam mereka dapat bekerja selama lima jam," tambahnya.

Robot pelayan berkepala bundar hanya bisa bergerak sepanjang jalur tetap yang telah dibuat, dan dengan sopan meminta pelanggan untuk bergerak keluar dari jalur mereka.

"Sebelumnya saya belum pernah melihat robot yang menyajikan makanan," kata Yuan Yuan, 9 tahun. "saya benar-benar terkejut."

Meningkatnya biaya tenaga kerja di China telah mendorong produsen untuk beralih ke otomatisasi, dan negara itu tahun lalu melampaui Jepang untuk menjadi konsumen terbesar di dunia dalam industri robot.




Jika teknologi seperti ini terus dikembagkan, bisa-bisa tenaga manusia tidak digunakan lagj ya..

Tag : Teknologi, Unik
0 Komentar untuk "Restoran di China Melayani Pelanggan dengan Robot"

Catatan:
Form komentar dilengkapi dengan script anti spam, komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan.

Back To Top