Portal informasi dunia internet

Faktor Penyebab Wanita Sekarang Susah Hamil


Faktor Penyebab Wanita Sekarang Susah Hamil
Berbeda pada zaman ibu dan nenek kita dulu yang mungkin biasa memiliki anak lebih dari lima, perempuan-perempuan sekarang menganggap kehamilan bukanlah perkara mudah untuk dilakukan. Berberapa wanita sekarang mengalami susah hamil meskipun menurut dokter suami dan istri normal (tidak mandul), hal ini tentunya membuat mereka stress dan takut tidak bisa memberikan keturunan.

Tahukah Anda kalau sekarang kesuburan bukanlah satu-satunya faktor yang bisa menghambat kehamilan. Berikut ini beberapa faktor-faktor penghambat kehamilan yang mungkin anda alam:

1. Terlambat memulai, sulit hamil

Tak bisa dipungkiri gaya hidup modern terkadang membuat kaum perempuan lebih suka mendahulukan karier dan menunda pernikahan serta memiliki anak, hasilnya perempuan makin sulit hamil.

Mengapa? Sebab usia merupakan salah satu penentu kesuburan. Fertilitas atau kesuburan perempuan mulai akan mengalami penurunan secara bertahap pada usia 27 tahun, dan akan merosot dramatis setelah usia 35 tahun.

Tak hanya itu saja, semakin tua usia Anda maka jumlah dan kualitas sel telurnya pun akan mengalami penurunan. Walaupun ada perawatan fertilitas yang bisa membantu Anda hamil, tapi tingkat kesuksesannya juga ditentukan oleh berapa umur Anda.

2. Obesitas

Menjamurnya tempat makan siap saji, pola hidup yang tidak sehat, dan kurangnya aktivitas fisik membuat tingkat penderita obesitas meningkat secara drastis. Tak hanya merusak penampilan, berat badan berlebih juga berpengaruh erat terhadap fertilitas dan tingkat kesempatan Anda untuk hamil. Perempuan pun menjadi sulit hamil.

Bahkan pasien obesitas dapat menurunkan tingkat kesuksesan mereka dalam menjalani perawatan kesuburan. Bagi pasien muda dengan bobot tubuh berlebih, biasanya dokter menyarankan pasien untuk melakukan program menurunan berat badan terlebih dahulu sebelum mencoba hamil.

3. Tubuh yang terlalu kurus karena diet

Bagi sebagian besar kaum hawa penampilan adalah nomor satu. Dan terkadang standar untuk penampilan baik adalah memiliki tubuh langsing. Karena alasan ini, tak jarang banyak perempuan yang melakukan berbagai cara untuk memperoleh tubuh ramping, bahkan terlalu ramping. Padahal memiliki tubuh yang terlalu kurus juga bisa menghambat kehamilan, alias membuat perempuan sulit hamil.

Mengapa? Kurangnya lemak dapat memperlambat produksi hormon-hormon yang diperlukan untuk proses ovulasi atau pematangan sel telur dan pelepasannya ke saluran indung telur (tuba falopi).

4. Tingkat stres tinggi

Hidup di zaman yang menuntut serba cepat ini tak jarang menggiring diri Anda masuk ke dalam situasi tertekan atau stres. Belum lagi ditambah rasa frustasi akibat kehamilan yang tak kunjung datang. Tahukah Anda, selain bisa menurunkan sistem imun, tingkat stres yang tinggi juga berpengaruh pada kesempatan Anda untuk hamil, atau membuat perempuan sulit hamil.

Sejumlah studi menemukan perempuan yang mengalami peningkatan kadar zat aplha-amilase (pemicu stres) memiliki kemungkinan lebih kecil untuk hamil. Meski tak bisa terelakan, tapi tingkat stres bisa ditekan dengan cara yoga, akupuntur, meditasi, tertawa bersama pasangan atau sahabat.

Faktor diatas mirip seperti yang diungkapkan dr Rosdiana Ramli,SpOG, seorang dokter kandungan yang telah menulis buku Cara Cepat Hamil. Buku yang menjadi Best Seller sejak tahun 2007 ini telah banyak membantu para ibu yang susah hamil untuk segera hamil dan memperbesar peluang hamil. Bila anda berminat, silakan kunjungi websitenya di http://tipshamil.com/. Dapatkan juga bonus konsultasi gratis dengan dr. Rosdiana disetiap pembelian untuk membantu memecahkan masalah anda agar memperbesar peluang hamil.

Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Faktor Penyebab Wanita Sekarang Susah Hamil"

Catatan:
Form komentar dilengkapi dengan script anti spam, komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan.

Back To Top